BMKG Ungkap Penyebab Panas di Jabodetabek hingga 38 Derajat Celsius

Desy Setyowati
30 September 2023, 16:58
cuaca panas, panas, bmkg
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Warga berjalan di tengah cuaca terik di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (24/4/2023).

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat cuaca panas bisa mencapai 38 derajat Celsius. Apa penyebabnya?

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum di beberapa wilayah Indonesia pada siang hari berkisar 35 - 38 derajat Celsius selama 22 - 29 September. Data ini diukur di Kantor Stasiun Klimatologi Semarang, Jawa Tengah, pada 25 dan 29 September, serta di Stasiun Meteorologi Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, pada 28 September.

Suhu maksimum terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek yakni di kisaran 35 - 37,5 derajat Celsius. Suhu maksimum yakni di Tangerang Selatan pada 29 September.

"BMKG mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan, dan dampak buruk lainnya," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Sabtu (30/9).

"Kondisi fenomena cuaca panas terik ini diprediksi masih dapat berlangsung pada Oktober," Guswanto menambahkan.

Sebagian besar wilayah Indonesia, terutama yang berada di selatan ekuator, masih mengalami musim kemarau. Menurutnya, mayoritas daerah akan memasuki periode peralihan musim selama Oktober sampai November.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...