Pertama Dalam Sejarah, Badminton RI Gagal Raih Medali di Asian Games

Happy Fajrian
6 Oktober 2023, 10:17
asian games, badminton, medali
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt.
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung gagal mengembalikan kok ke arah lawannya asal Jepang Aya Ohori pada babak perempatfinal Asian Games 2022 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Kamis (5/10/2023).

Untuk kali pertama dalam sejarah Asian Games, Indonesia gagal meraih medali di cabang olahraga badminton atau bulu tangkis, menyusul tidak ada satu pun wakil tim Merah Putih yang maju ke babak semifinal Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung, yang menjadi tumpuan Indonesia satu-satunya yang tersisa, harus menelan kekalahan dari wakil Jepang Aya Ohori 10-21, 19-21 dalam babak perempat final, Kamis (5/10).

Gim pertama dibuka dengan dua poin pertama dari Ohori. Gregoria mencoba untuk mengejar ketertinggalannya yang jauh. Beberapa shuttlecock yang diarahkan Gregoria banyak menyangkut di net maupun melebar ke sisi luar lapangan sehingga menambah skor bagi Ohori yang unggul dan meraih interval pertama 11-2.

Selepas jeda, Gregoria berusaha dengan sabar untuk meraih poin demi poin. Namun, Ohori yang ulet dalam membalas serangan dan memiliki pertahanan rapat, mampu mempertahankan keunggulannya yang semakin jauh, 16-5 atas Gregoria.

Gregoria mampu menahan tunggal putri peringkat 20 dunia di skor 16 dengan meraih empat poin beruntun. Kepercayaan diri itu tak berlangsung lama, menyusul Ohori yang kembali bermain menyerang, hingga akhirnya meraih matchpoint, dan merebut gim pertama dengan skor 21-10.

Gim kedua dibuka dengan dua poin beruntun buat Gregoria yang terlihat berusaha bermain lebih sabar dalam meladeni reli-reli panjang. Tunggal putri peringkat tujuh dunia itu juga memaksa Ohori untuk bermain cepat sehingga banyak kesalahan sendiri yang membuat Gregoria unggul sementara 6-1.

Keunggulan buat Gregoria tak berlangsung lama, dengan Ohori menyusul perlahan dan hanya terpaut satu poin dari Gregoria 8-7. Namun, dengan ulet Gregoria mengamankan interval gim kedua 11-9.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...