AIS Forum Sepakat Bangun Pusat Riset dan Pengembangan Ekonomi Biru

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 Oktober 2023, 15:18
Warga melintasi bendera negara-negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional yang akan berpartisipasi dalam Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Bali, Jumat (6/10/2023).
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Warga melintasi bendera negara-negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional yang akan berpartisipasi dalam Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Bali, Jumat (6/10/2023).

Archipelagic and Island States (AIS) atau Forum Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) meluncurkan pusat riset dan pengembangan ekonomi biru di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi AIS Forum yang pertama, di Bali.

"Kami harap program-program ini dapat mewadahi dan memfasilitasi para inovator, akademisi, dan wirausahawan biru. Bersama-sama kita membangun dan mengembangkan sektor biru," ujar Kepala Sekretariat AIS Forum Riny Modaso di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10).

Pusat riset dan pengembangan ekonomi biru atau AIS Blue Hub dan AIS Research and Development Center itu diluncurkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya Bakar dan Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Norimasa Shimomura. Perwakilan dari berbagai negara AIS, perwakilan perusahaan, akademisi, dan partisipan dari berbagai kalangan juga menghadiri peluncuran.

AIS Blue Hub sebelumnya bernama AIS Startup Blue Hub, diluncurkan untuk memfasilitasi para pelaku sektor biru agar dapat mengembangkan usahanya. Sementara AIS Research and Development Center merupakan implementasi terpusat dari program-program riset dan pengembangan yang sudah dilaksanakan AIS Forum.

KTT AIS Forum 2023 yang pertama diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, berlangsung 10-11 Oktober 2023.

Ada tiga tema besar yang dibahas dalam pertemuan negara-negara pulau dan kepulauan itu yakni ekonomi biru, masa depan laut, dan solidaritas.

KTT AIS Forum 2023 merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan yang bertujuan memperkuat kolaborasi mengatasi empat masalah global yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...