Bahlil Ungkap Kesulitan saat Luhut Absen: Koordinasi Kurang Optimal

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Oktober 2023, 15:46
bahlil, luhut, luhut pandjaitan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia berjalan menuju Kantor Presiden untuk menyampaikan keterangan pers usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima delegasi Korea Selatan, di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/5/2023).

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan masih dirawat di rumah sakit. Bahlil juga mengakui absennya Luhut menimbulkan kesulitan tersendiri pada kerja para menteri.

Luhut bertanggungjawab untuk mengordinasikan tujuh kementerian strategis. Tujuh kementerian tersebut yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Investasi.

"Kalau tanpa opung kan kita ini koordinasinya kurang," kata Bahlil di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (10/10).

Bahlil mengatakan bahwa saat ini Luhut masih menjalani perawatan di Jakarta untuk menjalani istirahat total. "Saya memberikan dukungan semoga opung diberi kekuatan cepat sehat, cepat sembuh dan, cepet pulih" ujar Bahlil.

Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan (Katadata)

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengabarkan kondisi kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kian membaik. Luhut sebelumnya dikabarkan mengalami sakit karena kelelahan sejak Jumat (6/10), malam.

Sandi mengatakan hingga kemarin Luhut masih berada di rumah sakit untuk istirahat total. "Kondisinya baik dan berangsur makin sehat, mohon didoakan agar bisa beraktivitas kembali," kata Sandi di Istana Merdeka pada Senin (9/10).

Menurut Sandi, Luhut mengalami kelelahan karena bekerja dengan jadwal cukup padat. Salah satu agenda yang disiapkan adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States Forum (AIS) atau Forum Negara Kepulauan dan Pulau Kecil di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

"Kemudian safari kunjungan ke Afrika, dan disambung lagi dengan kegiatan dan saat menghadiri ulang tahun ke-76 itu," ujar Sandi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...