Janji Anies - Muhaimin: Bahan Pokok Tersedia, Biaya Hidup Murah

Agustiyanti
20 Oktober 2023, 12:44
anies - muhaimin, anies, capres, cawapres, pilpres 2024, pemilu 2024
Antara
Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar mendaftar sebagai capres dan cawapres di KPU (19/10)

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjanjikan jaminan ketersediaan bahan pokok dan biaya hidup murah jika memenangkan pemilihan. Janji tersebut akan dicapai dengan kemandirian pangan, kemudahan akses hunian, ketahanan energi, dan kedaulatan air. 

Dalam dokumen visi misi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, keduanya menjelaskan bahwa kebutuhan pokok adalah hak dasar setiap warga negara. Ketersediaan dan kemudahan akses terhadap pangan, hunian, energi, dan air yang terjangkau adalah prasyarat bagi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

"Negara harus mewujudkan kemandirian pangan, ketahanan energi dan kedaulatan air untuk memastikan bangsa Indonesia mampu melanjutkan perbaikan kesejahteraan dalam jangka panjang," demikian tertulis dalam dokumen  visi misi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dikutip Jumat (20/10). 

Menurut dokumen tersebut,  kemandirian pangan akan dibangun, antara lain dengan: 

  1. Memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga pupuk, bibit, pestisida, pakan ternak, dan obat-obatan pertanian melalui bantuan alat dan mesin, serta pertanian dan teknologi.
  2. Meminimalkan impor dan meningkatkan produksi pangan untuk mengurangi risiko dan gejolak pasokan pangan akibat perubahan iklim dan dinamika geopolitik.
  3. Mendorong diversifikasi bahan pangan berbasis produk lokal.
  4. Memperkuat riset dan inovasi bibit, benih dan pupuk, serta memfasilitasi penerapan hasil riset nasional, di lapangan.
  5. Membangun dan merevitalisasi jaringan irigasi dan logistik untuk menaikkan produktivitas dan menurunkan biaya produksi
  6. Menyediakan penyuluh pertanian di setiap desa untuk membantu petani mempraktikkan teknik pertanian terkini dan terbaik, melalui program “BAHU DESA” (Bantuan Hukum dan Usaha)/
  7. Menyebarkan tenaga kerja produktif dan meningkatkan produksi pangan untuk memanfaatkan momentum bonus demografi. 
  8. Melaksanakan kebijakan afirmasi bagi petani untuk memperoleh akses terhadap lahan.
  9. Melaksanakan industrialisasi sektor pertanian, untuk menghasilkan produk bernilai tinggi
  10. Melaksanakan transformasi kelembagaan, guna memperbaiki koordinasi sektor pangan antar Kementerian dan Lembaga (K/L), terutama antara beberapa fungsi. 
  11. Meningkatkan daya saing subsektor perkebunan, peternakan, perikanan budidaya dan kehutanan. 

    Pasangan ini juga menjanjikan kemudahan akses hunian, dengan menyediakan hunian layak dan terjangkau, program KPR bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dan hunian layak dengan sistem sewa yang terjangkau. 

    Anies dan Ganjar juga akan memastikan ketahanan energi, antara lain melalui budidaya hemat energi, meningkatkan stok BBM, mendorong inovasi pembiayaan energi baru dan terbarukan, hingga membentuk dana abadi dari penerimaan SDA. Selain itu, keduanya juga ingin mencapai kedaulatan air memperbaiki tata kelola sumber daya air,  memastikan konservasi cadangan air tanah, hingga memastikan setiap rumah tangga menikmati air layak minum dengan biaya terjangkau.

     
 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...