Dikabarkan Longsor, PUPR Pastikan Bendungan Ameroro Rampung Tahun Ini

Andi M. Arief
23 Oktober 2023, 20:07
bendungan Ameroro
ANTARA FOTO/JOJON
Foto udata aktivitas pengerjaan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Rabu (13/10). Proyek ini ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Bendungan Ameroro masih berjalan lancar dan ditargetkan rampung akhir tahun ini. Hal tersebut disampaikan saat Basuki menanggapi isu robohnya Bendungan Ameroro yang mencuat pada bulan lalu.

Basuki menekankan bahwa bendungan berkapasitas 98,81 juta m3 tersebut tidak roboh. Ia menjelaskan, reruntuhan yang ada di sekitar Bendungan Ameroro merupakan bekas galian struktur sebelumnya.

"Pada akhir November 2023, Bendungan Ameroro akan diisi air, supaya pada Desember 2023 bisa diresmikan," kata Basuki dalam keterangan resmi, Senin (23/10).

Basuki mengatakan, tujuan utama konstruksi Bendungan Ameroro adalah memperlancar pasokan air irigasi di kawasan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Bendungan tersebut dirancang untuk dapat mengairi lahan pertanian seluas 3,363 hektare.

Ia pun menginstruksikan pembangunan Bendungan Ameroro akan diikuti konstruksi jaringan irigasi. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” ujarnya.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari Kementerian PUPR Agus Safari menjelaskan, reruntuhan di sekitar Bendungan Ameroro merupakan hasil galian struktur spillway. Spillway dalam bendungan berfungsi untuk mengatur tinggi permukaan air

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...