Kemenkomarves: Luhut Tak Mengundurkan Diri, Masih Dirawat di Singapura

Agustiyanti
24 Oktober 2023, 18:49
Luhut pandjaitan, singapura
Katadata
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan masih menjalani perawatan di Singapura.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi membantah kabar pengunduran diri Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Luhut saat ini masih menjalani perawatan di Singapura.

"Menanggapi informasi yang beredar mengenai Pak Menko Luhut dikabarkan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, saya ingin memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar," ujar  Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenkomarves Jodi Mahardi kepada media, Selasa (24/10).

Ia menjelaskan, Luhut saat ini masih menjalani perawatan di Singapura dengan kondisi yang semakin membaik. "Sudah sangat baik dibandingkan sebelumnya. Perawatan saat ini  dititikberatkan pada fisioterapi," ujarnya. 

Luhut sebelumnya sempat membagikan kabar soal kondisi kesehatan melalui akun Instagramnya. Dalam unggahannya pada Selasa (10/10), ia menjelaskan bahwa kondisi kesehatannya telah membaik meski tak menjelaskan detail masalah kesehatan yang dialaminya.

Menurut Luhut, pengobatan di jiran Indonesia itu merupakan saran dari rekannya yakni Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean.

"Sore ini saya memutuskan menjalani tahap pemulihan di Singapura sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi lebih komprehensif terkait kondisi kesehatan saya," kata Luhut dalam akun Instagramnya, Selasa (10/10).

Ia bercerita, pada awalnya ia mengalami kelelahan luar biasa usai menghadiri suatu kegiatan. Sang istri  pun lalu membawanya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif. "Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," katanya.

Luhut dilarang dokter untuk beraktivitas normal selama beberapa hari. Istrinya bahkan tidak memperbolehkannya mengecek kabar dan berita terkini yang rutin dilakukan. "Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa," ujar Luhut menirukan permintaan istrinya.

Ia lantas mendapatkan tawaran dari dua pejabat tinggi Singapura untuk berobat.  "Saya yakin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk saya saat ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut menyampaikan terima kasih, terutama untuk Presiden Joko Widodo. Jokowi mengirimkan tim dokter kepresidenan dan perawat. "Untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik," katanya.  

Posisi Luhut saat ini digantikan sementara oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves)  Ad Interim sejak Rabu (11/10). Erick juga mengisi pimpinan tugas-tugas lain yang diemban oleh Luhut. Beberapa di antaranya, yakni Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional, Ketua Komite Kereta Cepat-Jakarta Bandung, Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 danau Nasional, hingga Ketua Pengarah Satgas Sawit.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...