Survei Kurious: Mahfud MD Dinilai Cawapres yang Jadi Representasi NU

Ira Guslina Sufa
25 Oktober 2023, 16:26
Mahfud MD
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Ibu-ibu Muslimat NU berswafoto dengan menunjukkan kupang lontong saat peringatan Harlah ke-77 Muslimat NU di parkir timur Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/5/2023).

Survei terbaru yang dirilis Kurious menunjukkan Mahfud MD menjadi calon wakil presiden yang dinilai lebih merepresentasikan nahdlatul ulama di pemilihan presiden 2024 mendatang. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu kini telah resmi menjadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. 

Dalam pertanyaan yang diajukan kepada responden, Tim Kurious menemukan sebanyak 46,6% responden menilai Mahfud bisa merepresentasikan kelompok NU. Calon wakil presiden lainnya, Muhaimin Iskandar, dinilai oleh 32,1% responden sebagai sosok yang merepresentasikan NU. Sebanyak 21,3% menilai baik Mahfud maupun Muhaimin tidak dapat  merepresentasikan NU. 

Kurious adalah panel survei online yang dikelola oleh Katadata Insight Center (KIC). Survei dilakukan kepada 828 responden dengan metode Computer Assisted Web Interview (CAWI). Survei yang dilakukan pada 20 Oktober hingga 23 Oktober 2023 ini memiliki margin of error 3,41% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam penelitiannya, Kurious menempatkan pilihan pada Mahfud dan Muhaimin lantaran pemilihan keduanya disebut merupakan bagian dari upaya menggaet pemilih dari kalangan NU. Muhaimin yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu kini telah ditetapkan sebagai cawapres mendampingi Anies Baswedan. 

Dalam kaitannya dengan NU, Mahfud MD merupakan sosok yang lahir dan besar di keluarga Nahdiyin. Ayah Mahfud merupakan tokoh Nahdiyin di Jawa Timur. Ia hingga kini aktif di berbagai kegiatan Pengurus Besar NU. Sama halnya dengan Mahfud, Muhaimin juga lahir dan besar dari keluarga NU. Namun, Muhaimin merupakan keturunan pendiri NU. 

Pasangan Capres Pilihan NU

Di sisi lain, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru tentang keterpilihan tiga pasangan capres dan cawapres Pemilu 2024 di kalangan ormas islam. Pada segmen pemilih Nahdlatul Ulama (NU), pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas dengan tingkat keterpilihan 44,6%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...