TPST Bantargebang Kebakaran, 12 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Image title
Oleh Antara
29 Oktober 2023, 17:42
TPST Bantargebang Kebakaran, 12 Unit Damkar Dikerahkan
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Ilustrasi. Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat kebakaran pada Minggu (29/10).
Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat kebakaran pada Minggu (29/10) sekitar pukul 14.00 WIB. Sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk membantu memadamkan api.
 

"Untuk sementara, ada empat mobil tanki air Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST), dua damkar UPST, enam damkar dari DKI, dan empat damkar dari Kota Bekasi. Sedang lakukan pemadaman," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto, seperti dikutip dari Antara. 

Asep menyebut peristiwa kebakaran terjadi sejak Minggu siang di Zona 2 Jambore area TPST Bantargebang. Lokasi kebakaran tepat di depan "power house" dan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

"Bukan merupakan zona aktif. Info dari lapangan, tiba tiba langsung muncul asap dan memang di sekitar lokasi tersebut sampah kering dan kemudian tersapu angin kencang," jelas Asep.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan membenarkan mengenai peristiwa kebakaran tesebut. Pemadaman telah dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dari Jakarta maupun Bekasi.

"Pemadam Jakarta bantu proses pemadaman TPA Bantar Gebang. Total ada 12 unit dengan 60 personel damkar yang dikerahkan," kata Satriadi.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran TPST Bantargebang, luas area yang terbakar dan total kerugian.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...