Hampir 3 Jam, Kebakaran di TPS Bantargebang Berhasil Dikendalikan

Ameidyo Daud Nasution
29 Oktober 2023, 19:48
Petugas pemadam kebakaran tengah berusaha memadamkan api di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/10). Foto: Antara.
Antara
Petugas pemadam kebakaran tengah berusaha memadamkan api di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/10). Foto: Antara.

Petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan kebakaran di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPS) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/10).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan api sudah berhasil dilokalisasi oleh petugas. Saat ini, personel pemadam kebakaran tengah melakukan pendinginan.

"Alhamdulillah, kurang dari tiga jam telah berhasil kami kuasai," kata Asep di Jakarta, Minggu (29/10) dikutp dari Antara.

Dinas Lingkungan Hidup juga telah berkoordinasi dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta dan Kota Bekasi untuk memadamkan api.

Puluhan armada juga telah dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Bantargebang. Beberapa di antaranya empat mobil tank air dari Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST), 15 Damkar DKI Jakarta, dan empat Damkar Kota Bekasi.

Pemprov DKI Jakarta juga mengerahkan puluhan ekskavator untuk membalik sampah yang terbakar serta menyiram api. Hingga saat ini, mobil pemadam masih disiagakan di lokasi.

Asep mengatakan kebakaran terjadi pukul 14.15 WIB. Si jago merah pertama kali muncul di zona 2 TPST Bantargebang, tepat di depan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

Namun, Pemprov belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Mereka juga belum menghitung kerugian yang diakibatkan bencana itu.

Meski berada di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, namun TPST Bantargebang dikelola Pemprov DKI Jakarta dengan sistem kontrak kerja sama.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...