PDIP Ungkap Peluang Ajak Ridwan Kamil dan Khofifah Gabung Tim Ganjar

Ade Rosman
30 Oktober 2023, 19:32
Ridwan Kamil
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat (kiri) memberi sambutan saat kegiatan Pendidikan Kaderisasi Perempuan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat mengatakan partainya membuka peluang bagi tokoh daerah untuk bergabung di tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Dua tokoh yang dimaksudkan Djarot adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Gubernur Jawa Timur menyebut muncul sinyal positif terkait menarik mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Menurut Djarot berdasarkan sejumlah sinyalemen, sangat mungkin untuk Khofifah dan Ridwan Kamil bergabung. Ia menyebut dua tokoh itu juga punya kedekatan dengan PDIP. 

"Pak Ridwan Kamil itu kan dekat juga sama kami, nah kan bangun patung Bung Karno, gede banget," kata Djarot kepada wartawan di kawasan Jakarta Timur, Senin (30/10).

Selain RK, Djarot juga mengklaim PDIP memiliki kedekatan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah. "Bu Khofifah sama kami dekat banget. Jadi kedekatan-kedekatan ideologis, kedekatan historis itu menjadi penting," kata Djarot. 

Meski begitu, Djarot mengatakan PDIP menyerahkan keputusan pada kedua tokoh tersebut untuk bergabung dengan tim pemenangan Ganjar - Mahfud. Menurut dia PDIP akan sangat membuka diri untuk kedua tokoh. 

"Kita serahkan kepada beliau, kita serahkan pada Pak Ridwan Kamil, Bu Khofifah, kalau mau gabung ya terima kasih, kami senang sekali," kata Djarot. 

Sebelumnya, Ganjar pun telah mengungkapkan niatnya untuk menarik Ridwan Kamil dan Khofifah untuk masuk dalam jajaran pendukungnya di Pilpres 2024. Namun hingga kini belum ada keterangan resmi baik dari Khofifah maupun Ridwan Kamil soal tawaran Ganjar itu.  

Adapun Ridwan Kamil saat ini merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Adapun Golkar saat ini telah mendukung Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai capres dan cawapres di pemilu 2024. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...