Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Kupang, Kantor Gubernur NTT Retak

Ira Guslina Sufa
2 November 2023, 11:22
Gempa
ANTARA
Petugas mengecek getaran gempa bumi yang terekam seismograf.(ANTARA)

Gempa bumi dengan magnitudo 6,6 yang terjadi pada Kamis pukul 05.04 WITA menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan kantor pemerintah di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu bangunan yang rusak adalah Kantor Gubernur. 

“Tadi saya sudah dapat laporan kalau di kantor gubernur NTT ada keretakan akibat gempa bumi pagi tadi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Ambros Kodo di Kupang, Kamis (2/11). 

Menurut Ambros, ada lebih dari 10 titik keretakan yang terpantau di kantor gubernur yang berbentuk alat musik khas NTT Sasando tersebut. Beberapa keretakan terlihat di sisi luar gedung. Di samping itu juga ada sejumlah pecahan tembok berjatuhan sehingga berserakan di lantai halaman kantor.

Di bagian dalam gedung juga terpantau beberapa keretakan yang cukup berbahaya bagi sejumlah ASN yang bekerja. Tak hanya terjadi keretakan tembok, beberapa ruangan juga terpantau plafonnya terlepas. 

Ambros mengatakan bahwa sejauh pihaknya belum menerima laporan mengenai adanya kerusakan parah seperti ambruknya gedung atau rumah akibat gempa. Namun ujar dia, pihaknya masih terus melakukan identifikasi terkait sejumlah kerusakan yang terjadi di NTT akibat gempa itu.

“Kita juga masih menunggu laporan dari petugas yang masih mendata,” ujar Ambros. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...