Top News: Pertemuan Tokoh Bangsa di Rumah Gus Mus, Kopi Terancam Punah

Aryo Widhy Wicaksono
13 November 2023, 05:50
Budayawan sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuh Tholibin Rembang KH Mustofa Bisri (Gus Mus) sedang melukis, di Alun-alun Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (2/7/2023).
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/YU
Budayawan sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuh Tholibin Rembang KH Mustofa Bisri (Gus Mus) sedang melukis, di Alun-alun Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (2/7/2023).

Sejumlah tokoh nasional lintas agama mendatangi rumah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus untuk menghadiri Majelis Permusyawaratan Rembang. Pertemuan unik ini membicarakan situasi politik nasional yang cenderung memanas, terlebih setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan aturan terkait batas usia capres dan cawapres.

Aturan yang dibuat saat Anwar Usman masih menjabat sebagai Ketua MK, ditengarai telah memberikan keuntungan kepada Gibran Rakabuming Raka, anak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Salah satu tokoh, Goenawan Mohamad, yang datang dalam pertemuan itu mengatakan sowan ke Gus Mus untuk berbagi rasa, saling menularkan semangat supaya masyarakat dapat kembali memiliki rasa kepercayaan kepada sesama.

Pertemuan di rumah Gus Mus menjadi salah satu artikel terpopuler dan masuk jajaran Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana isi pidato Megawati, serta penemuan unik satwa yang diperkirakan telah punah.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Poin-poin Pertemuan Tokoh Bangsa di Rumah Gus Mus

Sejumlah tokoh nasional lintas agama menyambangi kediaman KH Mustofa Bisri atau Gus Mus untuk menghadiri Majelis Permusyawaratan Rembang, Minggu (12/11).

Pertemuan tak biasa ini membicarakan situasi politik nasional yang cenderung memanas, terlebih setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan perkara soal batas usia capres dan cawapres di bawah Anwar Usman yang menguntungkan Gibran Rakabuming Raka.

Goenawan Mohamad yang datang dalam pertemuan itu mengatakan sowan ke Gus Mus untuk berbagi rasa, saling menularkan semangat supaya kembali lagi ada kepercayaan kepada sesama di bangsa dan negara ini. "Sebab, zaman sekarang kepercayaan kepada sesama sangat tipis. Pertama, banyak sekali kebohongan, yang juga diucapkan oleh presiden dan orang-orang lainnya," kata Goenawan, Minggu (12/11), usai pertemuan.

2. Megawati Blak-blakan soal Kondisi Politik Terkini, Apa Katanya?

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri angkat suara mengenai konstelasi politik yang kian memanas akhir-akhir ini.

Megawati mengatakan, hal ini perlu disampaikan ke publik setelah mendengarkan dengan seksama terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan politik Tanah Air. Serta mempertimbangkan segala sesuatunya dengan hati nurani yang jernih sebagai kontemplasi.

Sebagai anak bangsa yang ikut berjuang bagi tegaknya demokrasi Indonesia, sekaligus selaku presiden ke-5 Indonesia Megawati menyebut, keputusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konsitusi (MKMK) telah memberikan cahaya terang di tengah kegelapan demokrasi.

Keputusan MKMK menjadi bukti bahwa kekuatan moral politik, kebenaran, politik akal sehat dapat tetap berdiri kokoh meski menghadapi rekayasa hukum konstitusi.

3. Indonesia Diberi Mandat OKI untuk Wujudkan Perdamaian di Gaza

Indonesia diberi mandat khusus oleh Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atas nama OKI dan Liga Arab untuk menghentikan perang di Gaza. Mandat ini keluar setelah para pemimpin OKI melakukan rapat luar biasa untuk membahas upaya penghentian perang di Jalur Gaza, Palestina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...