Calon Panglima Agus Subiyanto Janjikan Netralitas TNI di Pemilu 2024

Ade Rosman
13 November 2023, 12:48
Agus Subiyanto
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/nym.
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023). R

Calon tunggal Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berjanji akan memberikan jaminan netralitas pada setiap tahapan Pemilu 2024 baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden. Janji itu Agus sampaikan saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR RI, Senin (13/11).

"Saya berkomitmen untuk memberikan jaminan netralitas TNI pada setiap tahapan pemilu," kata Agus dalam RDPU bersama Komisi I DPR RI tersebut.

Selain itu, Agus juga berjanji akan memperkuat sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam mengamankan jalannya proses demokrasi melalui latihan dan posko bersama. Hal itu dilakukan untuk memastikan keberlangsungan roda pemerintahan dan agar stabilitas politik tetap terjaga. 

Selain itu ia mengatakan akan menindak apabila ada prajurit TNI yang menunjukkan sikap arogan. Ia berjanji akan menekankan pada prajurit TNI untuk tak arogan jika ia terpilih nantinya.

"Di bawah kepemimpinan saya selaku Panglima TNI saya akan tekankan kepada seluruh prajurit untuk tidak sekali-kali melakukan arogansi serta tidak menyalahgunakan senjata dan amunisi yang dapat melukai, menyakiti hati rakyat," katanya.

Ia mengatakan, sejatinya TNI lahir dan tumbuh dari rakyat untuk rakyat. Atas dasar itu maka TNI akan selalu berada di masyarakat untuk memastikan tegaknya NKRI. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...