Garda Matahari Deklarasikan Dukungan ke Anies, Dipimpin Petinggi MUI

Amelia Yesidora
17 November 2023, 13:53
anies, mui, anies baswedan
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/tom.
Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan (tengah) didampingi Ketua Umum Garda Matahari Azrul Tanjung (kedua kanan) berfoto bersama pendukung saat deklarasi relawan Garda Matahari di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Relawan Garda Matahari telah mendeklarasikan dukungannya pada pasangan calon presiden–wakil presiden Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar pada Jumat (17/11). Menurut Ketua Garda Matahari Azrul Tanjung, pilihan politik yang diambil adalah respons atas ancaman demokrasi yang terjadi selama ini. 

“Garda Matahari siap menjadi garda terdepan memberantas oligarki ekonomi dan politik melalui pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” kata Azrul di Gedung Juang 45, Jakarta, Jumat (17/11).

Ada empat poin dalam manifesto dukungan Garda Matahari untuk perubahan. Pertama, memenangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Kedua, mengawal terwujudnya Pilpres yang damai, aman, dan berkualitas. 

Ketiga, mengawasi dan menolak praktik kecurangan pemilu, kampanye hitam, dan narasi negatif seperti ujaran kebencian dan hoaks yang berpotensi merusak demokrasi. 

Keempat, mengawasi penyelenggara negara untuk bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu. “Kami tidak melihat negara dalam keadaan baik-baik saja, sehingga harus dikawal,” kata Azrul yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal MUI.

Salah satu aksi yang akan dilakukan Garda Matahari untuk mengawal pemilu adalah meletakkan anak muda di garis terdepan, yaitu Tempat Pemilihan Suara (TPS). Azrul akan menempatkan setidaknya dua orang untuk satu TPS untuk mengawasi jalannya pemilihan secara bergantian. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...