Indonesia Kirim Obat-obatan hingga Makanan Rp 31,9 M ke Palestina

 Zahwa Madjid
21 November 2023, 08:41
palestina, bantuan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (ketiga kiri), Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun (kelima kiri) melepas bantuan kemanuasiaan untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (20/11/2023). Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan tahap dua sebesar 21 ton berupa obat-obatan, makanan, hingga perlengkapan rumah sakit untuk mas

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina tahap kedua senilai Rp 31,9 miliar.  Bantuan sebesar 21 ton berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza dikirim menggunakan dua pesawat. 

“Sama seperti bantuan yang pertama, pesawat nanti akan menuju ke El-Arish di Mesir, kemudian selanjutnya akan disalurkan ke Gaza,” ujar Jokowi di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin (20/11). 

Jokowi menekankan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina. “Sekali lagi saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” kata Jokowi.

 Sri Mulyani  melakukan unggahan di akun pribadinya mengatakan, pengiriman bantuan tahap kedua ini merupakan wujud kehadiran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam mendukung misi kemanusiaan dan perdamaian dunia.

“Total alokasi barang bantuan adalah sebesar Rp 31,9 miliar yang dikelola melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI), badan layanan umum dibawah Kementerian Keuangan RI,” ujar Sri Mulyani dikutip Selasa (21/11).

Selain bantuan dari pemerintah, bantuan juga berasal dari perusahaan dan masyarakat, antara lain dari PT Paragon Technology and Innovation, Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), Kita Bisa, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan yang lainnya. 

Sri Mulyani berharap bantuan yang dikirimkan dapat memberikan manfaat dan meringankan beban para korban.  “Kita juga terus berdoa bersama-sama agar saudara-saudari kita di Palestina senantiasa diberi kekuatan dan mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Indonesia akan terus memberikan dukungan kepada rakyat Palestina,” ujar dia. 

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...