Agus Subiyanto Disahkan jadi Panglima TNI di Rapat Paripurna Hari Ini

Ade Rosman
21 November 2023, 08:01
agus subiyanto, panglima TNI
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Kasad yang merupakan calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (tengah) berjalan meninggalkan gedung DPR usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/11/2023). Komisi I DPR akan mendengarkan pandangan fraksi-fraksi untuk mengambil keputusan terkait persetujuan atau penolakan calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang selanjutnya dibawa ke dalam Rapat Paripurna.

Rapat paripurna DPR RI yang digelar pada hari ini, Selasa (21/11) akan mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Agus Subiyanti menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pengesahan Agus di rapat paripurna telah terjadwalkan.“Jadi, sudah teragenda. Besok (Selasa) tanggal 22,” kata Dasco di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/11).

Komisi I DPR RI sebelumnya telah memberikan persetujuan bagi Agus untuk menjadi Panglima TNI usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR, pada Senin (13/11) pekan lalu.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan Surat Presiden (Surpres) kepada DPR untuk mengusulkan Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI pengganti Yudo. Penunjukan Agus sebagai panglima TNI sudah mendapat persetujuan DPR dalam rapat di Komisi I pada Senin (13/11). 

Agus baru dilantik oleh Jokowi sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada 25 Oktober 2023. Jika dia nantinya terpilih menjadi Panglima TNI, masa tugas Agus sebagai KSAD tidak lebih dari satu bulan.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...