PT PAL Matangkan Kesiapan Kapal RS yang Akan Dikirim ke Palestina

Image title
25 November 2023, 09:01
kapal rumah sakit
Dok. PT PAL Indonesia
Kapal rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.

Sebagai bentuk dukungan kemanusiaan terhadap Palestina, Indonesia akan mengirimkan kapal rumah sakit ke wilayah perairan Gaza. Kapal yang akan Dikirim, adalah KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.

Saat ini, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 tengah menjalani persiapan teknis galangan di PT PAL Indonesia. Persiapan yang dilakukan, antara lain pengecatan warna putih pada keseluruhan lambung kapal, serta pemeriksaan performa kapal.

Dalam keterangan resminya, CEO PT PAL Kaharuddin Djenod mengatakan, pengecatan dilakukan untuk memberikan perlindungan sesuai dengan hukum humaniter internasional, berdasarkan Konvensi Jenewa IV.

"Langkah ini bertujuan membedakan kapal rumah sakit dari kapal perang, memastikan identifikasi sebagai sarana medis, serta memberikan perlindungan khusus sesuai norma-norma yang menetapkan hak-hak warga sipil dan fasilitas medis selama konflik bersenjata," kata Kaharudin, dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/11).

Selain pengecatan, PT PAL juga melakukan optimalisasi performa kapal rumah sakit ini, dengan proses pemeriksaan propeller, perawatan shaft propeller, pengecekan sistem anti-korosi, serta perawatan kemudi, bow thruster, serta warranty performa peralatan medis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...