Kemenkes Siapkan Antisipasi Cegah Kasus Pneumonia dari Cina Masuk RI

Ameidyo Daud Nasution
30 November 2023, 08:44
pneumonia, cina, kemenkes
123RF.com/andriano
Wabah pneumonia yang disebabkan virus misterius muncul di Wuhan, Tiongkok.

Kementerian Kesehatan merespons munculnya kasus penularan pneumonia di Cina. Kemenkes meminta masyarakat agar tidak panik dengan penyebaran penyakit ini.

Kementerian tersebut juga telah melakukan upaya mitigasi. Salah satunya dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor PM.03.01/C/4632/2023 tentang Kewaspadaan Terhadap Kejadian Mycoplasma Pneumonia.

Advertisement

Melalui surat tersebut, Kemenkes meminta fasilitas kesehatan dan pintu masuk negara aktif melaporkan temuan kasus pneumonia. Laporan diberikan lewat Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon Event Based Surveillance (SKDREBS)/Surveilans Berbasis Kejadian (SBK) maupun ke PHEOC.

"Kami mengimbau Dinas Kesehatan, rumah sakit maupun pintu masuk negara agar segera melaporkan apabila ada indikasi kasus yang mengarah pada pneumonia," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr. Imran Pambudi

Penyebaran penumonia di Cina dimulai pada November 2023. Selain di Negeri Panda, penyakit paru-paru ini juga terdeteksi di Eropa. Sedangkan pasiennya didominasi anak-anak.

Imran mengatakan pneumonia yang menyebar di Cina sama dengan yang terjadi di masyarakat karena diakibatkan infeksi bakteri. Namun, kebanyakan kasus pneumonia di negara tersebut diakibatkan mycoplasma pneumoniae.

Mycoplasma adalah bakteri penuebab infeksi pernapasan dan memiliki masa inkubasi panjang. Makanya penyebaran bakteri ini tak secepat virus Covid-19 sehingga fatalitasnya rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement