TKN Prabowo-Gibran Bahas Strategi Menang Satu Putaran di Rakernas

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Desember 2023, 06:10
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Perkasa Roeslani (depan, tengah) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (depan, kiri), anggota Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo (bawah,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Perkasa Roeslani (depan, tengah) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (depan, kiri), anggota Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo (bawah, kanan), dan jajaran perwakilan pimpinan partai-partai politik pada Koalisi Indonesia Maju menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran akan menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas di Hotel Borobudur, Jakarta pada Jum'at (1/12). Pertemuan tersebut di antaranya membahas membahas strategi kampanye untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran satu putaran.

"Insyaallah, optimistis," ujar pimpinan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran wilayah Jawa Barat, Ridwan Kamil, Kamis (30/11)

Advertisement

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan konsilidasi melalui rakernas bakal melibatkan seluruh TKD pemenagan Prabowo-Gibran. "Seluruh TKD dilibatkan," ujar Airlangga.

Beberapa pengamat, pemilihan presiden akan melalui proses putaran kedua.  Peneliti politik Centre Centre for Strategic and International Studies Nicky Fahrizal mengatakan Pilpres 2024 punya karakter unik, siapa yang blunder, akan kalah. Hal ini bisa berupa kesalahan strategi, buruknya komunikasi politik, atau munculnya pernyataan kontroversial.

“Ganjar bisa tidak lolos putaran kedua bila banyak membuat blunder. Begitu juga dengan Anies dan Prabowo. Ini tergantung pasangan calon mana yang membuat blunder,” kata Nicky pada Katadata, Kamis (30/11).

Nicky menjelaskan, kunci kemenangan AMIN ada pada efektivitas mesin partai politik pengusung, relawan, dan logistik pemenangan. AMIN juga harus mengomunikasikan narasi politik gagasan serta program yang mereka usung secara atraktif. Tujuannya adalah mendulang suara dari generasi milenial dan Gen Z. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement