Cosmos: Penundaan Program Rice Cooker Gratis Merugikan Perusahaan

Agustiyanti
4 Desember 2023, 17:26
rice cooker, rice cooker gratis, cosmos
ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.
Pekerja menata alat masak nasi listrik atau rice cooker yang dijual di salah satu tokoh di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (12/10/2023). Pemerintah melalui Kementerian ESDM akan membagikan sebanyak 500 ribu unit rice cooker gratis kepada masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi rumah tangga. Program tersebut bertujuan untuk mengurangi impor elpiji yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi perkapita, s

Pemerintah menunda rencana pengiriman program rice cooker gratis dari seharusnya bulan lalu ke Desember 2023. Presiden Direktur PT Star Cosmos Dharma Surjaputra  menyebut, penundaan pengiriman ini dapat merugikan perusahaan. 

"Penundaan program ini sangat merugikan produsen. Para pabrikan resah karena barang tidak bisa di jual ke pasar tetapi juga tidak kunjung dibeli oleh pemerintah," ujar Dharma kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu. 

Menurut dia, produsen diwajibkan untuk menyediakan barang. Namun hingga kini, belum ada kejelasan yang pasti kapan proyek ini akan benar-benar berjalan. 

"Kontrak sudah ada, tetapi barang belum dapat di pick-up oleh PT Pos Indonesia. Jadi belum jelas bagaimana," ujar Dharma.

Dia menjelaskan, tender program rice cooker gratis diikuti oleh distributor. Adapun pabrikan hanya mendukung ketersediaan produk. 

Meski demikian, menurut dia, penundaan program rice cooker gratis dapat merugikan perusahaan karena membuat pabrikan harus menyediakan ruang di gudang hingga dapat mengganggu arus kas perusahaan.

Sementara itu, EVP Regional 2 Jabodeabek dan Banten PT Pos Indonesia Dino Aryadi memastikan bahwa pihaknya sudah siap untuk mengirimkan rice cooker gratis kepada para penerima. Saat ini, perusahaan masih menunggu data peneruma dari penyedia alat masak listrik tersebut. 

"Kami pasti akan segera lakukan pick up setelah seluruh data lengkap kami terima," kata dia. 

Ia menjelaskan, PT Pos Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan logistik yang akan menyalurkan produk rice cooker gratis. Dino memastikan penerima tidak dikenakan biaya karena sudah ditanggung oleh penyedia," ujarnya. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...