Pasien Pneumonia Mycoplasma Terdeteksi di Jakarta, Bergejala Ringan

Ameidyo Daud Nasution
5 Desember 2023, 17:26
Wabah pneumonia yang disebabkan virus misterius muncul di Wuhan, Tiongkok. Sebanyak 59 orang terjangkit dan tujuh di antaranya dalam kondisi kritis.
123RF.com/andriano
Wabah pneumonia yang disebabkan virus misterius muncul di Wuhan, Tiongkok. Sebanyak 59 orang terjangkit dan tujuh di antaranya dalam kondisi kritis.

Pemerintah telah mendeteksi adanya kasus pneumonia di DKI Jakarta. Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan meminta masyarakat kembali disiplin menggunakan masker.

"Sudah ada laporan lisan, saat ini sedang dalam tahap konfirmasi oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi di Jakarta, Selasa (5/12) dikutip dari Antara.

Kemenkes masih mengonfirmasikan berapa jumlah pasien pneumonia yang dirawat oleh Dinkes DKI. Imran mengatakan dari informasi yang didapatkan, pasien mengalami gejala ringan dan sedang rawat jalan.

Sebelumnya, Imran mengatakan bakteri penyebab pneumonia anak-anak di Cina, mycoplasma merupakan bakteri umum. Infeksi pernapasan ini juga kerap terjadi sebelum pandemi Covid-19.

"Mycoplasma memang menjadi kasus terbanyak pada kasus pneumonia," katanya.

Pemerintah juga mewaspadai melonjaknya kasus pneumonia misterius di dunia. Juru bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan belum diperlukan pengetatan aturan seperti pembatasan sosial.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...