Kemlu Evakuasi Satu WNI Relawan Mer-C dari Gaza Palestina

Tia Dwitiani Komalasari
9 Desember 2023, 21:52
Menlu Retno Marsudi memimpim Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama China di Jakarta, Kamis (13/7/2023).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Menlu Retno Marsudi memimpim Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama China di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan seorang warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi relawan organisasi kemanusiaan MER-C, Farid Zanzabil Al Ayubi, berhasil dievakuasi dari Gaza pada Sabtu (12/9) sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat ini, Farid telah berada di Perbatasan Rafah, Mesir. Selanjutnya, Farid akan dibawa ke Kairo untuk kemudian direpatriasi ke Indonesia.

Retno mengatakan, Farid adalah relawan MER-C yang sebelumnya menjalankan tugas kemanusiaan di Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara. Sejak RS Indonesia tidak lagi beroperasi akibat serangan Israel tanpa henti, Farid beserta dua orang WNI relawan MER-C lainnya berpindah ke Gaza selatan.

“Mas Farid adalah satu dari tiga relawan MER-C yang sejak awal memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Namun dalam perkembangannya, Mas Farid kemudian memutuskan dan meminta bantuan untuk evakuasi,” tutur Retno.

Saat ini, Farid telah berada di perbatasan Rafah wilayah Mesir bersama tim evakuasi KBRI Kairo.

Retno mengatakan, proses evakuasi Farid tidak mudah dan memerlukan waktu panjang. Prosesnya sangat kompleks, terutama dalam upaya memasukkan namanya ke dalam daftar warga negara asing yang diizinkan melintas dari Gaza ke Mesir.

Selain itu, Retno mengatakan, perbatasan Rafah juga tidak selalu terbuka untuk arus keluar meskipun sedang jeda kemanusiaan. Pasalnya, pembukaan perbatasan diprioritaskan untuk arus masuk bantuan kemanusiaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...