Top News: 11 Panelis Debat Capres Perdana, Polemik TPPO Warga Rohingya

Aryo Widhy Wicaksono
11 Desember 2023, 05:45
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) bersama anggota KPU Idham Holik (kanan) dan August Mellaz di Kantor KPU
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) bersama anggota KPU Idham Holik (kanan) dan August Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, Senin (16/10/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Debat Capres perdana pada Selasa (12/12) mendatang. Untuk debat ini, komisi telah menunjuk 11 panelis yang terdiri dari para akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri.

Tema debat capres-cawapres perdana esok hari merupakan Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan korupsi, dan Penguatan demokrasi.

Persiapan mengenai debat capres-cawapres perdana menjadi salah satu artikel terpopuler pada akhir pekan, dan menjadi bagian Top News Katadata.co.id.

Selain mengenai persiapan debat Pilpres 2024, simak juga artikel mengenai anak-anak capres yang bersiap memasuki panggung politik, serta tambahan jalan akses menuju Jakarta.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. KPU Umumkan 11 Panelis Debat Perdana Pilpres 2024, Mayoritas Akademisi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan 11 panelis untuk debat perdana calon presiden dan wakil presiden yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, pada Selasa (12/12).

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan mereka yang menjadi panelis merupakan sosok yang kompeten di bidangnya. Dari daftar nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di tanah air.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi yang akan menjadi panelis untuk debat yang pertama," kata August di Kantor KPU, Sabtu (9/12).

August mengatakan seluruh panelis akan menjalani karantina mulai Minggu (10/12) sampai hari berlangsungnya debat di Jakarta. Mereka pun akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan saat karantina berlangsung.

2. Anak-anak Capres Membuka Peluang Masuk Politik

Anak dari dua calon presiden (capres), yakni Alam Ganjar dan Mutiara Baswedan, kerap ikut dalam kegiatan politik ayah mereka menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Anak-anak capres ini mengaku membuka kemungkinan untuk terjun ke dunia politik, mengikuti jejak orang tua masing-masing.

Muhammad Zinedine Alam Ganjar, putra dari calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengakui ada kemungkinan dirinya mengikuti jejak ayahnya, masuk ke dunia politik. Namun, untuk saat ini dia masih membutuhkan banyak pengalaman untuk bisa menentukan karier ke depan.

Putri calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, Mutiara Baswedan, juga mengungkapkan hal yang sama. Dia mengaku masih harus banyak belajar tentang politik, karena pengalamannya masih sedikit di dunia tersebut.

Apalagi, Mutiara baru lulus kuliah dan masih memikir masa depan yang akan dikejarnya. "Aku butuh banyak pengalaman dulu baru bisa menentukan karier," kata Mutiara.

3. Prabowo Hadiri HUT PSI, Jawab Sindiran Capres Hanya Bisa Joget

Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menghadiri puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-9 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (9/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...