Besok Debat Perdana Capres, Tiap Kandidat Akan Dicecar 18 Pertanyaan

Ade Rosman
11 Desember 2023, 19:40
Besok Debat Perdana Capres, Tiap Kandidat Akan Dicecar 18 Pertanyaan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) bersama Anggota KPU Yulianto Sudrajat (kanan), August Mellaz (kiri) memberikan keterangan pers terkait persiapan debat capres dan cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Calon presiden yang berlaga pada Pilpres 2024 akan melakoni debat perdana yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12).

"Untuk besok malam kesempatan pertama pada debat capres cawapres di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Hasyim mengatakan, nantinya para calon presiden akan ditanyai 18 pertanyaan yang disusun panelis dalam debat yang terbagi menjadi 6 segmen dengan durasi 120 menit tersebut.

"Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan, itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen. Satu segmen ada tiga pertanyaan," katanya.

Selanjutnya, masing-masing capres mengambil secara acak pertanyaan yang akan dijawabnya. Saat pengambilan itu akan dibantu oleh moderator.

"Setelah mendapatkan (pertanyaan) itu, misalkan kesempatan pertama, si calon A itu, calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh calon A," kata Hasyim.

Nantinya, calon A yang telah ditanyai pun diberikan kesempatan untuk menanggapi balik.

Hal serupa juga diterapkan untuk kandidat lainnya. Hal itu termasuk dalam sesi kedua, setelah segmen pemaparan visi misi. Hasyim mengatakan, KPU dalam debat pilpres 2024 menyediakan lebih banyak kesempatan interaksi antar calon.

Selanjutnya, untuk sesi terakhir yakni pernyataan tertutup dari kandidat.

"Jadi dari 6 segmen itu yang masing-masing capres diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi tanpa diajukan pertanyaan itu sesi pertama atau segmen pertama, kemudian segmen keenam adalah penyampaian closing statement atau pernyataan penutup," katanya.

Sementara untuk segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima, semuanya interaksi antar calon dengan pertanyaan yang diajukan atau disiapkan oleh panelis.

"Sehingga segmen dua tiga empat lima boleh dikatakan aktif, boleh dikatakan semuanya interaktif lah antar calon, tentu dipandu oleh moderator," kata Hasyim. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...