Kasus Covid-19 Naik Jelang Nataru, Wamenkes Sebut Masih Terkendali

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Desember 2023, 20:23
Kasus Covid-19 Naik Jelang Nataru, Wamenkes Sebut Masih Terkendali
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengimbau masyarakat memakai masker mengingat kasus COVID-19 di Indonesia mulai menunjukkan tren kenaikan.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyatakan kenaikan kasus Covid-19 dalam dua bulan terakhir masih terkendali. Pemerintah belum melihat tren kenaikan tersebut untuk mengarahkan kepada kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat.

"Masih terkendali, masih belum terlalu signifikan kenaikannya," kata Dante kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (11/12).

Dia menyebut pemerintah masing mengantongi 4,1 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai sebagai antisipasi lonjakan kenaikan kasus jelang hari raya natal dan tahun baru (nataru).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah menyiapkan 143 posko nataru untuk mengakomodir masyarakat yang belum menerima vaksin booster.

Dia memprediksi bakal ada pergerakan sekitar 107 juta orang dalam masa nataru tahun ini, naik 143% dari tahun lalu. "Ini kan endemi dan memang tidak akan hilang sama sekali," ujar Muhadjir.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melaporkan ada kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia dalam dua bulan terakhir. Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Pengurus Besar IDI Erlina Burhan mengatakan jumlah kasus Covid-19 nasional bertambah dari 65 kasus pada periode 2-8 Oktober 2023, menjadi 151 kasus pada 20-26 November 2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...