Ada 6 Segmen, Ini Rundown Debat Pertama Capres-Cawapres 2024

Nadhira Shafa
11 Desember 2023, 20:28
debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) bersama Anggota KPU Yulianto Sudrajat (kanan), August Mellaz (kiri) memberikan keterangan pers terkait persiapan debat capres dan cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Debat perdana calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) 2024 akan berlangsung pada Selasa, (12/12) pukul 19.00 WIB. Debat ini akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi nasional dan media daring.

Debat pertama ini mengusung tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan, akan ada enam segmen dengan durasi 120 menit dalam debat capres-cawapres 2024. Hasyim memastikan pasangan calon dapat saling berinteraksi dalam debat tersebut.

"Kami pastikan di dalam rundown itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi itu dikatakan untuk debat Pemilu 2024 ini lebih banyak," kata Hasyim dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Debat ini akan dipandu oleh dua moderator, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel dari TVRI. Kedua moderator ini dipilih karena dianggap memiliki kompetensi, integritas, dan kredibilitas yang tinggi dalam bidang jurnalistik.

Rundown Debat Capres-Cawapres 2024

Acara debat akan dibagi ke dalam enam segmen, sebagai berikut:

Segmen 1: Penyampaian Visi Misi dan Program Kerja

Pada segmen ini, masing-masing pasangan calon akan menyampaikan visi misi dan program kerja sesuai dengan tema secara bergantian sesuai nomor urut. 

Segmen 2: Pendalaman Visi Misi 

Pada segmen ini, moderator akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing pasangan calon untuk memperdalam pemahaman publik terhadap visi misi dan program kerja mereka. Pertanyaan akan diajukan secara bergantian sesuai nomor urut pasangan calon.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...