Ridwan Kamil Janjikan Banyak Kejutan dari Prabowo saat Debat Capres

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2023, 17:52
prabowo, ridwan kamil, debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ketua TKD Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan topi saat melakukan kampanye di acara konsolidasi tokoh agama dan masyarakat di Pool Primajasa, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (2/12/2023).

Ridwan Kamil akan mengikuti jalannya debat calon presiden malam ini. Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu ikut sebagai tim sukses Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ridwan juga sempat menggelar simulasi debat dengan Prabowo. Dalam simulasi, ia memberikan sejumlah masukan kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Kemarin dua jam melakukan simulasi," katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/12).

Beberapa masukan yang diberikan adalah teknik berdebat yang elegan dan meyakinkan masyarakat. "Insyaallah nanti banyak kejutan," kata politisi Golkar tersebut.

Sedangkan Prabowo Subianto mengaku tak punya persiapan khusus menghadapi debat capres sesi perdana. Sejauh ini menurut Prabowo pada hari pelaksanaan debat hanya beraktivitas seperti biasa sebagai Menteri Pertahanan. 

Meski demikian, ia tidak mau menanggapi persoalan debat capres yang akan berjalan. Adapun isu debat hari ini adalah persoalan pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

"Pertanyaannya soal dirgantara. Jangan nanya-nanya debat, ya. Debat, kumaha engke (bagaimana nanti)," kata Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma.

Sejak pagi sampai sore, Selasa, Prabowo memilih tetap bekerja. Setelah pada pagi hari ia ke bandara Halim Perdanakusuma, selanjutnya Prabowo melanjutkan perjalanan ke Kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, dan bekerja seperti biasa.

Usai jam kerja, Prabowo kembali ke kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan. Dari rumahnya itu, Prabowo dijadwalkan berangkat ke KPU RI untuk mengikuti debat capres-cawapres bersama cawapres Gibran Rakabuming Raka. 


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...