Anies Tutup Debat Capres: Wakanda No More, Indonesia Forever

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2023, 22:36
anies, anies baswedan, debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menutup debat pertam capres dengan memberikan sorotan kepada permasalahan hukum. Ia juga berharap anak-anak muda mendapatkan kebebasan untuk berpendapat.

Anies berjanji tak akan membiarkan anak-anak muda mengalami ketakutan dalam beropini. Ia sempat menyinggung beberapa pihak yang takut memberikan kritik dan mengganti nama Indonesia dengan Wakanda, negeri fiksi dalam kisah Black Panther.

"Saya sampaikan: Wakanda no more, Indonesia forever (tak ada lagi sebutan Wakanda, Indonesia selamanya)," kata Anies di KPU, Jakarta, Selasa (12/12).

Anies juga mengatakan Indonesia saat ini berada di persimpangan jalan. Menurutnya, pilihan jalur RI hanya dua yakni menjadi negara hukum atau negara kekuasaan.

"Dalam situasi itu, kita sama-sama mengembalikan negara hukum," ujarnya.

Tak hanya itu, ia menyoroti pelanggaran etika dalam penegakan hukum. Makanya, mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan tersebut berjanji akan menjadi contoh.

"Bila tidak maka ke bawah, seluruh rakyat akan berkompromi," katanya.

Debat hari ini bertemakan hak asasi manusia, hukum, pemerintahan, pemberantasan korupsi, peningkatan layanan publik, serta kerukunan. Sedangkan debat berikutnya akan digelar pada Jumat (22/12).

Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...