Ganjar Sorot Pelanggaran HAM di Debat Capres, Prabowo: Kok Tanya Saya

Ira Guslina Sufa
12 Desember 2023, 21:51
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memanfaatkan sesi tanya jawab dengan bertanya soal pandangan Prabowo mengenai kasus penghapusan paksa yang terjadi sejak lama. Menurut Ganjar kasus penghilangan paksa sudah terjadi di Indonesia sejak puluhan tahun. 

Menurut Ganjar selama ini sudah ada pengungkapan kasus pelanggaran ham berat di masa lalu. Di bawah koordinasi kementerian politik hukum dan HAM sudah terungkap adanya 12 kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu. Di antaranya peristiwa peristiwa 1965, penembakan misterius, Talang Sari Wamena. Bahkan menurut Ganjar pada tahun 1009 sudah ada 4 rekomendasi yang dikeluarkan DPR untuk presiden menangani persoalan penegakan hukum di masa lalu. 

“Kalau Bapak ada di situ apakah akan membuat pengadilan Ham dan memberikan rekomendasi DPR,” ujar Ganjar saat bertanya kepada Prabowo. 

Menanggapi pertanyaan Ganjar, Prabowo mengatakan bahwa dirinya memiliki perhatian serius pada masalah HAM. Bahkan ia mengatakan memiliki hubungan baik dengan para aktivis HAM. Prabowo malah mempermasalahkan persoalan penanganan pelanggaran HAM di masa lalu oleh Mahfud MD yang merupakan wakil presiden pendamping Ganjar. 

“Pak Ganjar tadi baru sekitar tahun 2009, sekian tahun yang lalu. Masalah ini ditangani oleh wakil presiden Anda. Jadi apalagi yang ditanya kepada saya,” ujar Prabowo. 

Menurut Prabowo persoalan HAM selama ini sering dikaitkan dengan dirinya dan selalu berulang selama lima tahun. Namun menurut dia persoalan itu sudah ditangani secara hukum dan tidak ada kaitan dengan dirinya. 

“Saya merasa bahwa yang sangat keras membela HAM, nyatanya orang-orang yang ditahan, tahanan politik yang katanya saya culik sekarang di pihak saya dan membela saya. Jadi masalah HAM jangan dipolitisasi Mas Ganjar,” ujar Prabowo. 

Menangapi jawaban Prabowo, Ganjar kemudian meminta komitmen Prabowo untuk berani bertemu dengan keluarga para korban penghilangan paksa di masa lalu. Hal itu diperlukan untuk memberikan kepastian kepada keluarga korban. 

Pada debat perdana hari ini, tema yang akan dibahas adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Reporter: Ade Rosman, Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...