Tutup Debat Capres: Ganjar Singgung Pemerintah yang Tidak Mudah Baper

Ira Guslina Sufa
12 Desember 2023, 22:16
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menutup debat pertama dengan berjanji akan terus mendengar keluh kesah masyarakat. Menurut Ganjar ia bersama calon wakil presidennya Mahfud MD akan terus memberi perhatian kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk kelompok rentan. 

Selain itu, Ganjar mengatakan bahwa presiden sebagai pemimpin tertinggi perlu terus menegakkan semangat anti korupsi. Ia menyebut pemimpin harus menunjukkan integritas dan menghadirkan layanan pemerintah yang mudah dan murah. Selain itu Ganjar mengatakan pemerintah harus menjadi pendengar yang baik. 

“Betapa bahagianya rakyat ini bila pemerintah ketika dikritik tidak baperan dan ketika media menulis mereka merasa ini vitamin buat dirinya bukan sedang merongrong apalagi kemudian merasa terancam,” ujar Ganjar. 

Menurut Ganjar kepemimpinan yang kuat dari pemerintah harus menghadirkan demokrasi yang baik. Dia menyebut demokrasi merupakan amanah reformasi. 

Ganjar menyinggung sejumlah kasus yang menjadi sorotan dalam demokrasi di beberapa waktu terakhir. Misalnya berkaitan dengan adanya dugaan intimidasi. 

“Dalam berdemokrasi maka ada perhormatan terhadap kita, antara pikiran perkataan dan perbuatan dan saya berdiri bersama korban untuk keadilan,” ujar Ganjar. 

Pada debat perdana hari ini, tema yang akan dibahas adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...