Debat Capres: Ganjar Singgung Kepastian Saat Dicecar Soal Pengangguran

Ade Rosman
12 Desember 2023, 21:29
Ganjar debat capres
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/aww.
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo menyampaikan pidato saat menghadiri acara Gebyar Budaya di Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (10/11/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan pentingnya kepastian hukum dan diupayakan. Hal itu disampaikan Ganjar saat menjawab pertanyaan yang diajukan Prabowo. 

Dalam pertanyaan yang dimaksud, Prabowo meminta penjelasan mengenai bagaimana cara Ganjar mengatasi kemiskinan dan kemiskinan berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan selama menjadi Gubernur Jawa Tengah. Sebelum menjadi calon presiden, Ganjar sebelumnya menjabat gubernur selama 2 periode. 

Ganjar mengatakan saat ini salah satu permasalahan yang dihadapi masyarakat adalah kemiskinan. Ia menyebutkan dalam beberapa kali perjalanan mayoritas masyarakat yang ia temui mengeluhkan sulitnya pekerjaan. 

Ia menawarkan solusi tentang pentingnya membuka ruang investasi yang cukup besar. Selain itu Ganjar juga perlu memastikan penegakan hukum bisa berjalan. 

“Kepastian hukumnya berjalan dengan baik, transparan, akuntabel, mudah, murah, cepat dalam sebuah layanan. Tanpa itu dilakukan mereka akan minggat dan mereka akan pergi, tidak mau datang,” ujar Ganjar. 

Hal kedua menurut dia adalah dengan kepastian investasi. Menurut dia pemerintah harus memfasilitasi pengembangan industri. “Ketangguhan SDM untuk menjemput itulah yang harus kami siapkan,” ujar Ganjar. 

Pada debat perdana hari ini, tema yang akan dibahas adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...