Profil dan Rekam Jejak 11 Panelis Debat Cawapres dan Sosok Moderator

Ira Guslina Sufa
19 Desember 2023, 08:24
Suasana debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik yang diangkat adalah masalah pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layana
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Suasana debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik yang diangkat adalah masalah pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan sebelas nama panelis yang akan merumuskan daftar pertanyaan seputar isu dari tema debat kedua. Ketua KPU Hasyim Asy'ari menerangkan pemilihan para panelis didasarkan pada penilaian atas rekam jejak dan latar belakang para panelis. 

Selain itu Hasyim mengatakan KPU memilih panelis yang bisa mengupas gagasan sesuai tema yang disiapkan untuk debat cawapres. Adapun tema yang akan dibahas dalam debat kedua adalah isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

 “Ada pun nama-nama panelis yang sudah disiapkan oleh KPU, ada 11 orang dengan latar belakang berhubungan dengan tema debat tentunya yang secara garis besar tentang ekonomi,” ujar Hasyim Asy'ari seperti dikutip Selasa (19/12). 

Hasyim menambahkan kesebelas panelis tersebut juga akan dikarantina selama tiga hari untuk merumuskan daftar pertanyaan pada debat kedua. Karantina akan dimulai sejak 20 hingga 22 Desember 2023 atau hingga hari pelaksanaan debat. 

Selain menetapkan panelis, KPU juga telah menetapkan moderator debat cawapres. Dua sosok yang terpilih sebagai moderator adalah Pemimpin Redaksi Detikcom Alfito Deannova dan pembawa berita yang juga produser Kompas TV Liviana Cherlisa. Hasyim mengatakan, enam segmen dalam debat cawapres nanti sama dengan debat capres yang digelar beberapa waktu lalu.

Pada debat kedua nanti para cawapres yang terdiri dari Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD akan beradu gagasan. Siapa saja yang terpilih menjadi panelis untuk debat cawapres sesi kedua? Bagaimana rekam jejak para panelis? 

Daftar 11 Panelis Debat Cawapres Jumat 22 Desember 2023

1. Profil panelis debat cawapres Alamsyah Siregar

Alamsyah adalah anggota Anggota Ombudsman RI Periode periode 2018-2020. Selama menjabat ia termasuk yang banyak menyorot berbagai kebijakan pemerintah seperti persoalan impor. Ia juga aktif menyuarakan para pejabat negara untuk menghindari rangkap jabatan. 

2. Profil panelis debat cawapres Adhitya Wardhon 

Adhitya adalah ekonom dan pengajar FEB Universitas Jember Adhitya Wardhono.  Adhitya juga tergabung dalam Forum Akademisi Penulis Kebijakan Moneter Bank Indonesia (Forum APIK) Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Adhitya lahir di Surakarta dan menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Jember. 

Ia kemudian melanjutkan studi magister di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan dari Master of Science dari Philipps-Universität Marburg. Ia juga meraih gelar doktor dari George August University, Goettingen, Jerman. 

3. Profil panelis debat cawapres Agustinus Prasetyantoko

Agustinus adalah ekonom dan rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya periode 2015-2023. A Prasetyantoko merupakan ekonom yang kerap menjadi pemateri sejumlah isu ekonomi. Ia menjabat rektor Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta sejak 2015. 

Dalam keilmuan ia meraih gelar doktor dari Ecole Normale Superieure de Lyon, Prancis. Sebelum menjadi rektor Pras yang meraih gelar  dari University of Science and Technology of Lille (USTL) di bidang Strategic ia pernah menjadi Chief Economist di Bank BTN selama dua tahun dan komisaris independen di perusahaan asuransi Prudential. 

4. Profil panelis debat cawapres Fauzan Al Rasyid

Fauzan adalah Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Fauzan merupakan guru besar di UIN Sunan Gunung Djati. Ia lahir di Garut Jawa Barat pada 1970. Selain menjadi dekan ia juga menjadi pengurus Majelis Nasional Korps Alumni HMI (KAHMI). 

Fauzan meraih gelar S1 di IAIN SGD Bandung, dan melanjutkan gelar magister di psikologi Universitas Padjadjaran. Sementara gelar doktor ia raih di Universitas Indonesia.

Sebagai akademisi kiprahnya tidak hanya di kampus. Ia sering menjadi tim seleksi dalam pengisian sejumlah jabatan strategis di Jawa Barat. 

5. Profil panelis debat cawapres Hendri Saparini

Hendri Saparini adalah ekonom dan pendiri CORE Indonesia. Perempuan kelahiran 1964 ini merupakan ekonom yang sering menjadi pemateri di sejumlah diskusi ekonomi. Ia kerap mengkritik kebijakan ekonomi yang dibuat pemerintah seperti soal cukai tembakau. Sebelum aktif di CORE ia dikenal sebagai Managing Director ECONIT Advisory Group.

Rini meraih gelar sarjana di fakultas ekonomi UGM. ia melanjutkan pendidikan magister di di bidang Manajemen Kebijakan Internasional dari Graduate School of International Political Economy, University of Tsukuba di Jepang. Dan meraih gelar doktor di kampus yang sama. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...