TransJakarta Akan Tambah Armada hingga 25% Saat Malam Tahun Baru

Ferrika Lukmana Sari
20 Desember 2023, 06:41
TransJakarta
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/aww.
Bus Trans Tangerang Ayo (Tayo) dan bus Transjakarta melintas di kawasan CBD Ciledug, Kota Tangerang, Kamis (14/12/2023). Dinas Perhubungan Kota Tangerang menyiapkan rute integrasi koridor bus Tayo yang akan terkoneksi dengan halte bus Transjakarta untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik di Kota Tangerang.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Daud Joseph mengatakan, akan menambah jumlah unit armada yang beroperasi sampai jam 02.00 menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan saat malam pergantian tahun nanti.

"Kalau memang animo masyarakat masih besar, maka kami akan menyediakan sesuai kebutuhan di lapangan. Dari tahun-tahun kemarin, biasanya jumlah armada yang kita tambah bisa sampai 25% dari reguler," kata Daud dikutip dari Antara, Rabu (20/12).

Merujuk data dari tahun-tahun sebelumnya, kata dia, di koridor satu terdapat 60 unit bus yang beroperasi dengan penambahan 15 unit armada sampai pukul 02.00.

"Namun, nanti kalau ada kebutuhan lebih besar dari itu maka karena bus-bus selalu standby maka kami akan mengeluarkan jumlah bus sesuai kebutuhan," ujar dia.

Daud lalu mengatakan, saat tahun baru biasanya jumlah pelanggan TransJakarta lebih banyak sebanyak 16-25% dari biasanya. Jika pada hari Minggu biasanya jumlah penumpang sekitar 650.000 - 670.000, namun saat periode pergantian tahun biasanya akan naik ke angka 750.000 - 800.000 pelanggan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...