Mahfud Sebut Pengungsi Rohingya Jadi Beban: Suatu Saat Akan Kami Tutup

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Desember 2023, 19:14
rohingya, mahfud, pengungsi
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/wpa.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menjawab pertanyaan mahasiswa saat Seminar Kebangsaan di Universitas Buddhi Dharma (UBD), Kota Tangerang, Banten, Rabu (29/11/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Indonesia bisa saja menutup pintu bagi para pengungsi Rohingya. Ini bisa diberlakukan jika kedatangan para pencari suaka yang dijuluki 'manusia perahu' menimbulkan persoalan di masyarakat, khususnya bagi warga Aceh.

Pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan tiga pimpinan daerah yakni Aceh, Riau dan Sumatra Utara (Sumut) untuk menentukan lokasi yang paling layak sebagai lokasi pengungsian sementara.

Ini karena jumlah pengungsi Rohingya terus bertambah sejak tahun 2015. Kondisi ini mengakibatkan tempat penampungan yang disediakan tak cukup lagi.

“Tentu kita tampung sifatnya sementara, untuk pada saatnya nanti kita akan menutup sama sekali karena itu menjadi beban,” ujar Mahfud usai mengisi agenda Peringatan Hari Migran Sedunia di Margo Hotel Depok, Jawa Barat pada Rabu (20/12).

Menurut Mahfud, maraknya para pengungsi Rohingnya di wilayah utara Sumatra telah menimbulkan polemik dan kecemburuan sosial dengan warga lokal. Ia mengatakan mayoritas warga lokal saat ini menolak kehadiran para pengungsi Rohingya.

“Mereka merasa cemburu sehingga sudah mulai menolak Rohingnya,” kata Mahfud

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...