Anies Tanggapi Dana Kampanyenya Paling Mini: Kami Libatkan Masyarakat

Amelia Yesidora
21 Desember 2023, 16:51
anies, dana kampanye, anies baswedan
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nym.
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan paparannya pada acara dialog bersama anak muda bertajuk Desak Anies saat berkampanye di Mataram, NTB, Selasa (19/12/2023).

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengomentari dana kampanyenya yang tercatat paling kecil. Anies optimistis dana mini tersebut tak membuat timnya tidak bersemangat.

Anies belum mengonfirmasikan kebenaran dana kampanye senilai Rp 1 miliar tersebut. Meski demikian ia menjelaskan beroleh dana dari patungan para simpatisan. Hal ini bisa ditunjukkan dengan beberapa warga yang menyiapkan spanduk dan baliho AMIN secara mandiri. 

“Itu yang membuat kami makin semangat, bahwa ini bukan top-down tapi adalah gerakan yang melibatkan seluruh rakyat,” kata Anies pada wartawan usai menghadiri Safari Natal di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (20/12).

Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), menjadi paslon dengan dana kampanye paling kecil yakni Rp 1 miliar. Nilai ini berasal dari laporan awal dana kampanye KPU periode 16–26 November 2023. 

Juru Bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumelina optimistis angka itu bakal meningkat. Nilai Rp 1 miliar ini dihitung di periode 16–26 November 2023, menurut Billy angkanya bisa diperbarui per mingguan, atau bulanan. 

“Enggak mungkin sampai akhir angkanya Rp 1 miliar. Kalau melihat perjalanan Pak Anies tahun ini, kan itu sebelum masa pencatatan KPU. di luar itu, banyak dukungan sebelum tercatat di KPU,” katanya. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...