Tol Cipali hingga Cikampek Satu Arah Mulai Pukul 14.00 Siang Ini

Tia Dwitiani Komalasari
26 Desember 2023, 09:36
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol Cipali.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan melakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) ke Jakarta mulai dari KM 188 Gerbang Tol Palimanan sampai dengan KM72 GT Cikampek Utama. Rekayasa lalu lintas dimulai pukul 14.00 WIB hingga 24.00 WIB, Selasa (26/12). 

Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri, Kombes Pol. Eddy Djunaedi mengatakan, pihaknya juga berencana menerapkan  rekayasa lalu lintas contraflow (lawan arah) dua lajur dari KM 72 sampai dengan KM 47 GT Cikampek Utama. Sementara dari KM 72 sampai dengan KM 36 menggunakan rekayasa lalu lintas contraflow satu lajur.

"Pelaksanaan contraflow atau one way bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian," kata Eddy dikutip dari Antara, Selasa (26/12).

Rekayasa Lalin Tol Cisumdawu

Eddy mengatakan, kendaraan dari arah Bandung menuju Cirebon yang melewati Tol Cisumdawu, akan dikeluarkan di exit ujung Jaya Majalengka-Cirebon-Palimanan 3.

Sementara untuk kendaraan yang berada pada jalur one way arus balik, bisa keluar melalui gerbang interchanger di Sumber Jaya, Kertajati, Cisumdawu, Cikedung, Subang, Kalijati dan Cikopo.

Eddy memprediksi puncak arus balik tahap pertama terjadi hari ini, mengingat besok sudah mulai masuk kerja, usai cuti bersama libur Natal 2023.

"Puncak arus balik pertama diprediksi hari ini," kata Eddy.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...