Kereta Shinkansen Kembali Beroperasi Usai Gempa Dahsyat di Jepang

Yuliawati
Oleh Yuliawati
2 Januari 2024, 13:28
Ilustrasi kereta cepat Shinkansen di Jepang.
WIKIPEDIA
Ilustrasi kereta cepat Shinkansen di Jepang.
Button AI Summarize

Kereta cepat Shinkansen yang terhenti akibat gempa dahsyat di Jepang mulai beroperasi kembali. East Japan Railway Co. mengatakan mereka menghentikan operasi semua jalur Shinkansen Tohoku, Joetsu, dan Hokuriku karena gempa tersebut.

Berdasarkan laporan dari Japan News, pengoperasian Shinkansen Hokuriku antara Toyama dan Kanazawa, mulai pada Selasa (2/1) pada pukul 10:34 pagi. Kereta itu juga akan beroperasi antara Nagano dan Toyama mulai sore hari ini.

Shinkansen Joetsu juga akan kembali beroperasi antara Echigo-Yuzawa dan Niigata pada Selasa pukul 13.30.
Operasional yang terhenti itu mengurangi 70% dari layanan reguler antara Tokyo dan Nagano dengan Shinkansen Hokuriku dan antara Tokyo dan Echigo-Yuzawa dengan Shinkansen Joetsu.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,6 yang mengguncang kawasan pantai Laut Jepang pada Senin, menewaskan setidaknya empat orang dan memicu peringatan tsunami serta kebakaran di pusat prefektur Ishikawa.

Gempa ini membuat banyak bangunan dan rumah runtuh. Pemerintah Jepang mendapatkan informasi terdapat enam peristiwa di mana enam orang terkubur hidup-hidup di bawah reruntuhan rumah di kawasan yang diguncang gempa.

Menurut Kantor Otoritas Regulasi Nuklir, tidak ada kerusakan signifikan yang dilaporkan di pembangkit listrik tenaga nuklir di Shika Ishikawa, tempat gempa berkekuatan maksimum 7 skala intensitas seismik negara tersebut, atau di prefektur Niigata atau Fukui yang berdekatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...