Siap-siap! Jokowi Akan Umumkan Pembukaan Rekrutmen CPNS Pekan Ini

Nadhira Shafa
2 Januari 2024, 16:07
CPNS
menpan.go.id
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas usai menghadap Presiden Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (29/12/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada minggu pertama Januari 2024. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Anas mengungkapkan bahwa Jokowi akan secara langsung mengumumkan lowongan CPNS, terutama untuk lulusan baru atau fresh graduate.

“Jumlahnya belum bisa saya sampaikan sekarang karena nanti di minggu pertama Januari, presiden akan mengumumkan sendiri,” ujar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, dilansir dari detik.com, Jumat (29/12/2023).

Anas juga mengatakan pemerintah telah menyelesaikan persoalan terkait lowongan 1,6 juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Adapun lowongan PPPK akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

Selain itu, pemerintah juga masih fokus dengan penyelesaian masalah non-Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN di tahun ini.

Anas menjelaskan bahwa rekrutmen CPNS khusus fresh graduate saat ini memang jarang dilakukan pemerintah. “Sebelumnya belum ada rekrutmen (untuk fresh graduate), kecuali Kejaksaan yang baru saja melakukannya. Jumlah rekrutmen CPNS khusus fresh graduate cukup besar tahun ini, detailnya nanti akan diumumkan oleh presiden,” kata Anas.

Anas menekankan bahwa rekrutmen CPNS fresh graduate akan difokuskan untuk talenta digital yang dibutuhkan untuk mendukung digitalisasi pemerintahan. Talenta digital yang dimaksud bukan marketing digital, seperti pinjaman online dan sejenisnya, tapi lebih ke hulu, misalnya digital di bidang pertanian.

Anas juga menyampaikan bahwa ada arahan khusus dari Jokowi untuk rekrutmen CPNS fresh graduate atau lulusan baru 2024. Jokowi menginginkan lebih banyak fresh graduate yang ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN).

Dengan adanya kabar baik ini dari pemerintah, masyarakat yang ingin mengikuti rekrutmen CPNS tahun 2024 agar mempersiapkan diri dengan baik. 

Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...