PDIP Senang Sandiaga Ada di Tim Ganjar: Paham Watak Prabowo dan Anies

Ade Rosman
2 Januari 2024, 16:32
sandiaga, pdip, ganjar
ANTARA FOTO/Henry Purba/agr/nym.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno menyapa kader PPP sebelum kegiatan ngobrol bareng di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (29/12/2023).
Button AI Summarize

Kubu calon presiden Ganjar Pranowo membanggakan keberadaan Sandiaga Uno dalam tim pasangan capres nomor urut 3 tersebut. Ini karena Sandiaga dianggap memahami lawan tanding Ganjar yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

"Pak Sandiaga Uno sosok yang sangat paham terkait dengan karakter watak Pak Prabowo juga dari Pak Anies Baswedan," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers di Kantor PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Menurut Hasto, hal itu dapat menjadi nilai tambah yang menguntungkan bagi pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam pergerakannya. Keunggulan lainnya, Sandiaga dinilai menjadi tokoh yang memahami anak muda.

"Ini menjadi daya leverage bagi pergerakan Pak Ganjar-Prof Mahfud MD," katanya.

Sandiaga saat ini merupakan ketua Bappilu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan menduduki posisi Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud.

Program internet gratis Ganjar Pranowo
Program internet gratis Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.)

Sebelumnya, Sandiaga sempat bersanding dengan Prabowo dalam kontestasi Pilpres 2019 lalu. Kala itu ia dipilih menjadi cawapres pendamping Ketua Umum partai Gerindra tersebut.

Di sisi lain, Sandiaga juga sempat bersanding bersama Anies Baswedan saat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Saat ini, pendiri Saratoga Investama Sedaya itu menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Namanya, sempat menjadi salah satu calon pendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Meski demikian, Sandiaga harus merelakan dirinya tak melenggang ke Pilpres karena PDIP dan partai koalisi memilih Mahfud sebagai cawapres.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...