Redam Opini Pilpres Satu Putaran, TPN Ganjar Mulai Kontak Timnas Amin

Ade Rosman
2 Januari 2024, 18:16
ganjar, tpn ganjar, timnas amin, anies baswedan
Istimewa
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tiba di Gedung KPU mengikuti debat capres, Selasa (12/12).
Button AI Summarize

Kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD mulai berkomunikasi dengan Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Hal tersebut dilakukan usai mereka mendengar adanya upaya penggiringan opini untuk melaksanakan Pemilihan Presiden 2024 dalam satu putaran. 

Ketua Tim Penjadwalan TPN Aria Bima mengatakan dirinya mendapatkan informasi dari rekan-rekannya di Komisi VI DPR RI mengenai adanya upaya penggiringan opini tersebut. 

"Saya dengan teman-teman Komisi VI dari 01 (Anies-Muhaimin), memang melihat ada satu desain untuk menggiring opini satu putaran," kata Aria dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Aria mengatakan, penggiringan opini itu dilakukan melalui temuan sejumlah lembaga survei. Meski demikian ia tak menyebut survei mana yang disebutnya memuluskan opini Pilpres satu putaran.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PDIP sekaligus Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto berpandangan perlunya dibentuk komite independen untuk memantau kredibilitas lembaga survei. 

Menurut Hasto, komite itu diperlukan untuk memantau kredibilitas lembaga survei dalam melakukan riset. "Karena ini terkait dengan kepentingan rakyat, terkait dengan kualitas demokrasi," kata Hasto.

Hasto mengatakan, nantinya komite independen akan membantu mengaudit lembaga survei mana yang menggunakan metodologi secara benar dalam pelaksanaan risetnya.  


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...