Sederet Alasan Yenny Wahid Dukung Ganjar, Termasuk Petunjuk Spiritual

Ade Rosman
4 Januari 2024, 10:19
Putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid mengepalkan tangan saat mengikuti deklarasi dukungan pilpres 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10/2023). Yenny Wahid bersama kader-kader Gus Dur resmi mendeklarasikan dukungan untuk
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/wpa/foc.
Putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid mengepalkan tangan saat mengikuti deklarasi dukungan pilpres 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10/2023). Yenny Wahid bersama kader-kader Gus Dur resmi mendeklarasikan dukungan untuk pasangan bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD pada Pemilu 2024.
Button AI Summarize

Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, mengungkapkan alasanya mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Piplres 2024. Yenny mengatakan terdapat sejumlah faktor yang membuatnya mendukung Ganjar hingga akhirnya menjadi Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Hal itu dia ungkapkan dalam program Pergulatan politik (Gultik) Katadata yang tayang di YouTube Katadata Indonesia, Jumat (29/12) lalu. Dia mengatakan, salah satu faktor utama adalah petunjuk spiritual.

“Kalau orang NU buat keputusan kan selalu pakai sebuah dalil kan, dalil aqli dan dalil naqli. Dalil secara rasional ya pendekatan rasional maupun pendekatan batiniah,” kata Yenny.

Yenny mengatakan, penegakan hukum saat ini menjadi tantangan terbesar bagi Indonesia. Dia meyakini salah satu kandidat di Pilpres 2024 yang memiliki komitmen serta rekam jejak yang jelas dalam penegakan hukum yakni Mahfud MD.

“Indeks korupsi juga masih seperti itu, malah makin parah, indeks demokrasi juga. The Economist juga mengatakan Indonesia sebagai demokrasi yang cacat, ya, kan. Nah ini berarti kuncinya semua adalah di penegakan hukum,” katanya.

Di sisi lain, ia mengaku melihata sosok Ganjar sebagai tokoh yang berwawasan luas. Ketika Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, capres nomor urut tiga tersebut memiliki sejumlah program bersama yayasan yang dinaungi Yenny Wahid.

Yenny mengungkapkan, Ganjar sangat mendukung program desa damai yang digagas Wahid Foundation dan UN Women pada 2021 lalu. Program itu bertujuan untuk meningkatkan efisiensi ketahanan desa.

Ia menyebut program itu mengandung elemen ekonomi di antaranya pelatihan ekonomi, akses permodalan, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat pula penguatan peran perempuan, kemudian pelatihan tentang pencegahan konflik, tentang penghormatan terhadap keberagaman di Indonesia, juga mengenai isu lingkungan hidup, tentang perubahan iklim.

“Jadi kami mencoba untuk membuat pasukan hijau, pendekar-pendekar hijau di tingkat desa. Itu mengajak mereka semua untuk menjaga lingkungan hidup. Nah pak Ganjar ini sangat sangat support program ini, beberapa kali datang ke acara kami,” kata Yenny.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...