Debat Ketiga, Capres Diminta Jelaskan Arah Kebijakan Umum Pertahanan

Ade Rosman
7 Januari 2024, 19:08
Debat
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.
Pesawat tempur Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru melakukan atraksi "Fly Pass" saat pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara di Padang, Sumatera Barat, Jumat (19/5/2023).
Button AI Summarize

Tiga calon presiden yang akan bertarung di pemilihan presiden 2024 mendatang bakal beradu gagasan dalam debat calon presiden malam ini, Minggu (7/1). Ketiga capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan menyampaikan visi dan misi mengenai pertahanan, keamanan, geopolitik, politik luar negeri dan globalisasi. 

Pengajar dari Universitas Pertahanan Agung Risdhianto mengatakan pada debat kali ini para capres seharusnya bisa mengajukan gagasan mengenai Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun (Jakumhanneg). Ia mengatakan presiden memiliki kewenangan dalam pengelolaan pertahanan negara yang harus diwujudkan dalam bentuk Jakumhaneg.

“Sesuai undang-undang, di undang-undang mengatakan presiden memiliki kewenangan dalam pengelolaan pertahanan negara, dan untuk mengadakan pengelolaan negara itu harus diwujudkan dalam bentuk kebijakan umum pertahanan negara,” kata Agung di kantor Katadata.co.id, Jakarta Selatan, Minggu (7/1).

Agung mengatakan, di dalam Jakumhanneg itu poin-poin yang paling penting melingkupi pembangunan, pembangunan, dan pembinaan. Menurut Agung, calon presiden harus mengetahui gambaran akan membangun serta meningkatkan kekuatan militer seperti apa, serta bagaimana nanti kedepannya.

 “Nah, itulah beliau-beliau lah nah nanti yang harus punya konsep itu,” kata Agung.

Setelah itu, Agung mengatakan perlu juga diperhatikan mengenai pembangunan kemampuan yang melingkupi intelijen, sistem pengindraan dini atau mendeteksi serta mencegah, yang tindakannya berada pada label yang strategis. Kemudian, hal yang perlu menjadi perhatian para capres nantinya yakni mengenai diplomasi, kerja sama, serta industri pertahanan. 

Menurutnya, pembahasan industri pertahanan akan menonjol dalam debat kali ini, karena belakangan salah satu calon presiden yang juga merupakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kerap memperbaharui alutsista. Poin terakhir yang perlu diperhatikan para capres menurut Agung yakni gelar.  

“Gelar itu di mana satuan-satuan itu akan ditaruh,” kata Agung.

Adapun, dalam debat ketiga Pilpres yang digelar KPU akan dipandu dua moderator. Pada segmen pertama, Ganjar mendapat giliran pertama menyampaikan visi dan misi dilanjutkan dengan Anies Baswedan. Pada giliran ketiga dilanjutkan dengan Prabowo Subianto. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...