Kenapa Menhan Prabowo Terlibat dalam Proyek Tanggul Raksasa Pantura?

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Januari 2024, 15:07
prabowo, tanggul laut, giant sea wall
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto bersiap menyampaikan pidato saat menghadiri sillahturahmi Nasional Ummat dan Ulama di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/1/2024).
Button AI Summarize

Pemerintah berencana membangun tanggul laut raksasa atau giant sea wall di jalur pesisir pantai utara alias Pantura Jawa. Salah satu yang terlibat dalam pembangunannya adalah Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.

Prabowo mengatakan keterlibatannya dalam proyek karena adanya Universitas Pertahanan sebagai lembaga akademis untuk melaksanakan kajian proyek pembangunan tanggul raksasa tersebut. Adapun, Unhan merupakan institusi pendidikan yang berada di bawah Kemenhan.

Prabowo mengatakan pembangunan giant sea wall di seluruh pesisir Pantura membutuhkan waktu hingga 40 tahun. Dia menyebut durasi itu pada pengalaman Belanda yang membuat tanggul laut raksasa.

"Oleh karena itu saya tugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan kajian terkait apa yang dilakukan segera," kata Prabowo saat memberikan sambutan dalam Seminar Nasional Giant Sea Wall di Hotel Kempinski Jakarta pada Rabu (10/1).

Dia menganggap pembangunan tanggul laut sangat mendesak seiring kondisi Pantura saat ini mengalami penurunan permukaan tanah di kisaran 1-25 centimeter per tahun. Di sisi lain, terdapat ancaman dari lepas pantai berupa kenaikan permukaan air laut dan fenomena banjir rob.

“Ini bukan masalah bisa atau tidak, ini harus, kalau tidak Pantura bisa tenggelam. Sehingga butuh political will yang kuat dari pemerintah menuntaskan proyek tersebut," ujar Prabowo.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...