Ma'ruf Amin Salam 3 Jari di HUT PDIP, Jubir: Itu Salam Keakraban

Ade Rosman
10 Januari 2024, 21:22
maruf amin, hut pdip, wapres maruf amin, salam tiga jari
Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri perayaan HUT ke-51 PDIP, Rabu (10/1).
Button AI Summarize

Wakil Presiden Ma'ruf Amin ikut berpose salam tiga jari saat menghadiri acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, salam tiga jari atau metal dengan akromin 'merah total' tersebut murni salam keakraban. Ia mengatakan pose Ma'ruf sebagai gambaran dirinya menghargai HUT PDIP.

Masduki pun mengatakan, pose salam tiga jari tersebut seharusnya tak dipersepsikan sebagai bentuk Ma'ruf tak netral dalam menghadapi Pilpres 2024. "Tidak seharusnya dipersepsikan wapres mendukung pasangan capres-cawapres tertentu dalam kontestasi pilpres saat ini," ujarnya dalam keterangan resmi.

Masduki memastikan Ma'ruf konsisten dengan sikap netral dalam Pilpres 2024. Ia menyebut netralitas itu tergambar dari kehadiran Ma'ruf dalam acara HUT PDIP tersebut.

"Wapres KH Ma’ruf Amin, konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan. Netralitas itu lah yang menjadi salah satu alasan wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT parpol lain," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...