Yusril Bela Firli Bahuri, Nilai Foto dengan Syahrul Yasin Tidak Kuat

Ira Guslina Sufa
15 Januari 2024, 14:58
Firli Bahuri
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wpa.
Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kiri) berjalan seusai menjalani pemeriksaan oleg Dewan Pengawas KPK di gedung ACLC KPK, Jakarta, Selasa (5/12/2023).
Button AI Summarize

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menyatakan bahwa foto mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan mantan Ketua KPK Firli Bahuri di lapangan badminton tidak menerangkan apa-apa. Foto itu menurut dia tidak bisa menjadi dasar dalam pengusutan dugaan pemerasan yang disangkakan kepada Firli. 

 "Foto itu tidak menerangkan apa-apa ya, kecuali rekaman video, kalau rekaman video ada audionya, nah ini enggak ada," kata Yusril di Polda Metro Jaya, Senin (15/1).

Menurut Yusril, foto Firli di lapangan badminton tersebut diambil sebelum Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi tersangka. Karena itu bila merujuk waktu kejadian maka tidak saling berkaitan. Yusril juga menjelaskan foto tersebut hanya bisa dijadikan petunjuk oleh hakim untuk memutuskan perkara.  

 "Foto itu diambil tahun 2022 sebelum SYL dinyatakan sebagai tersangka, sebelum dilakukan penyelidikan dan penyidikan atas SYL," kata Yusril. 

 Yusril tiba di Polda Metro Jaya pada Senin sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, ia tidak jadi diperiksa lantaran pemeriksaan tersebut dilakukan di Bareskrim Polri. Adapun Yusril diperiksa dalam status sebagai saksi meringankan atau "a de charge" dari Firli Bahuri, tersangka dugaan pemerasan terhadap SYL.

Periksa Saksi Ahli

 Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan selain memanggil Yusril Mabes juga memanggil sejumlah saksi untuk dimintai i keterangan. Namun, dia tidak merincikan siapa saja saksi yang dimaksud.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...