Catat! Jadwal dan Tema Debat Keempat Pilpres 2024

Nadhira Shafa
17 Januari 2024, 15:34
 Jadwal dan Tema Debat Keempat Pilpres 2024
Antara/Galih Pradipta
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat keempat calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu, (21/1). Debat ini akan menjadi panggung bagi para cawapres untuk saling beradu gagasan dan menunjukkan kemampuan dalam menghadapi tantangan masa depan. 

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023, Pasal 50 Ayat (1), debat dilakukan sebanyak tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres. Debat capres dan cawapres sendiri, telah diatur dalam Pasal 277 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sejauh ini, debat capres dan cawapres RI sudah digelar sebanyak tiga kali. Sehingga menyisakan dua kali jadwal debat lagi. Adapun tiga cawapres yang akan tampil dalam debat keempat, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Debat ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Jadwal dan Tema Debat Keempat Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat Pilpres 2024 yang akan diselenggarakan pada Minggu, (21/1) pukul 19.00 WIB. Debat kali ini mengangkat tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Stasiun televisi yang akan menjadi media penyelenggara debat keempat adalah SCTV, Indosiar, dan Metro TV. Adapun total keseluruhan durasi debat 150 menit dengan pembagian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan,

Debat keempat ini merupakan debat terakhir bagi para cawapres sebelum pemungutan suara Pilpres 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Debat kelima dan terakhir bagi para capres akan digelar pada Minggu, (4/2), dengan tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...