Jual Bando Anies ala K-Pop, Pedagang Ini Raup Rp 600 Ribu Sehari

Amelia Yesidora
18 Januari 2024, 18:26
anies, pedagang, kampanye
Katadata
Pedagang bernama Dendy Kurniawan menunjukkan pernak-pernik Anies Baswedan di Jakarta, Kamis (18/1). Foto: Amelia Yesidora
Button AI Summarize

Riuhnya tahun politik turut dimanfaatkan warga untuk mencari uang, salah satunya Dendy Kurniawan. Pria berusia 24 tahun ini menjual produk bando dan kipas buatan sendiri. Bando dan kipas ini dihiasi dengan wajah paslon nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Bando berwarna hitam diikat dengan kabel sehingga desain bergambar paslon bisa berdiri dengan tegak. Ada dua desain yang ia buat, pertama, wajah Anies-Imin yang digambar dengan AI kemudian digunting berbentuk hati. 

Kedua, wajah Anies Baswedan yang digunting kemudian dihias dengan lampu-lampu kecil. Untuk kipas tangan, ia menempelkan kertas tebal bergambar wajah Anies Baswedan pada sebuah tangkai. 

“Semalam saya buat produk masing-masing 50 buah, dari pagi jualan sampai sore sekarang sisa 20-30 buah,” kata Dendy pada Katadata.co.id saat ditemui di acara Desak Anies, Jakarta, Kamis (18/1).

Dendy menjual bando dan kipas tangan itu dengan harga rata Rp 25 ribu. Ia juga menghitung omzetnya satu hari berjualan mencapai Rp 600 ribu. 

Dendi bercerita bahwa dirinya sehari-hari menjual barang di acara, seperti di konser Coldplay dan NCT yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu. Ia mengaku tidak terlalu peduli dengan politik, namun karena anak muda senang datang ke acara Anies Baswedan, ia melihat ada peluang di sana.

Namun ia mengaku tak berjualan pernak-pernik serupa dengan gambar pasangan calon lainnya. Ini lantaran menurutnya, kampanye paslon lain tak seramai acara Anies-Muhaimin.

“Ya saya sering lihat X/Twitter itu banyak anak muda K-Popers yang senang sama Anies. Jadi saya jual barang ala K-Pop di acara Anies Baswedan,” ujarnya. 

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...