Janji Anies: Daycare di Kantor dan Cuti Melahirkan 40 Hari Bagi Suami

Amelia Yesidora
18 Januari 2024, 21:58
anies, cuti, daycare
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan paparannya pada acara "Desak Anies" yang mengusung tema perempuan, agraria dan lingkungan. di Jakarta, Kamis (18/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan menjanjikan dua program untuk mendukung ibu bersalin dan menyusui. Hal ini ia sampaikan dalam acara Desak Anies khusus perempuan, lingkungan, dan agraria. 

Anies menjanjikan adanya penitipan anak (daycare) hingga ruang laktasi di semua tempat kerja. Selain memberi hak pekerja, adanya ruang laktasi dan daycare ini bisa mencipta situasi yang nyaman. 

"Ini sebagai dukungan kepada perempuan yang bekerja agar dia tetap bisa bekerja sambil merawat anaknya,” kata Anies di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Kamis (18/1).

Anies bercerita pernah membangun daycare di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kala ia menjadi menteri di sana. Kala itu, pembangunannya dibuat dengan standar level dunia. Namun menurut pengakuannya, tempat itu sekarang sudah digusur. 

Begitu juga saat ia menjadi Gubernur Jakarta, ia membangun 32 daycare di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, termasuk di Balai Kota. selain daycare, ia juga menyediakan ruang laktasi.

“Saya tidak tahu masih ada atau tidak. Tapi kalau itu dikerjakan, bukan hal baru karena urusan Pilpres,” kata Anies.

Anies juga akan menyiapkan program khusus bagi ayah. Ia bakal mengubah cuti melahirkan untuk suami yang biasanya hanya dua hari, menjadi 40 hari. 

 “Yang harus mengurus anak kan bukan hanya ibu ya, tapi bapak juga,” kata Anies.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...