Alasan Anies Pilih JIS untuk Kampanye Akbar, Ada Ikatan Emosional

Amelia Yesidora
19 Januari 2024, 11:24
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menyampaikan paparannya pada acara "Desak Anies" yang mengusung tema perempuan, agraria dan lingkungan. di Jakarta, Kamis (18/1/2024).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menyampaikan paparannya pada acara "Desak Anies" yang mengusung tema perempuan, agraria dan lingkungan. di Jakarta, Kamis (18/1/2024).
Button AI Summarize

Pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, bakal menggelar kampanye akbar terakhirnya di Jakarta International Stadium atau JIS. Selama tiga hari terakhir puncak kampanye akbar mulai 8 hingga 10 Februari 2024, Anies-Muhaimin fokus mengelilingi Jawa.

Calon presiden Anies Baswedan menjelaskan alasan utama pemilihan JIS karena kapasitasnya besar mencapai 82.000 orang. Stadium ini berdiri pada 2022, saat Anies masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Anies mengakui dia memiliki ikatan emosional dengan lokasi itu. “Ya tentu saja (ada ikatan emosional). Kamu mancing-mancing saja,” ujar Anies pada wartawan di gedung Konferensi Waligereja Indonesia, Jakarta, Kamis (18/1).

Selain itu, Anies mengatakan JIS sesuai dengan pesan kampanye AMIN, mulai dari pesan kemandirian hingga lingkungan. Ia memaparkan JIS menjadi salah satu proyek nasional yang menjadi contoh di mata kuliah jurusan teknik sipil berbagai universitas karena berstandar internasional.

“Dan ini karya anak bangsa, simbol keringat anak Indonesia. JIS dibangun tanpa menggunakan tenaga asing satupun,” katanya.

Dari sisi lingkungan, JIS sendiri punya rating platinum berdasarkan Leadership in Energy and Environmental Design atau LEED. Ini adalah sistem peringkat bangunan hijau yang diakui secara internasional yang dikembangkan oleh Dewan Bangunan Hijau Amerika. Level platinum sendiri adalah level tertinggi. Alasan terakhir, JIS dianggap lebih ramah disabilitas.

Captain Timnas AMIN, Syaugi Alaydrus menjelaskan, dalam tiga hari terakhir kampanye yakni dari 8–10 Februari, mereka akan fokus berkampanye di Jawa. AMIN bakal mengelilingi Jawa Timur, Jawa Barat, dan ditutup di DKI Jakarta.

Purnawirawan TNI AU ini juga mengatakan kubu Prabowo-Gibran bakal menutup kampanye akbar di Jakarta. Meski demikian, lokasi kampanye mereka bakal berbeda, yakni di Gelora Bung Karno atau GBK. Pasangan Ganjar-Mahfud bakal menutup kampanye di Semarang, Jawa Tengah.

KPU telah menetapkan jadwal kampanye akbar atau rapat umum Pemilu 2024 pada 21 Januari hingga 10 Februari. Setelah itu memasuki masa tenang kampanye dan pencoblosan jatuh pada 14 Februari.

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...